Teknik Wawancara dan Seleksi

MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA EDISI 4


Pada pertemuan mata kuliah MSDM di Institut Bisnis Dan Informatika STIKOM Surabaya saya mendapatkan berbagai ilmu yang menarik dan pada postingan kali ini saya akan berbagi kepada kalianilmu yang saya dapatkan tentang seleksi dan wawancara, mungkin dapat berguna. ðŸ˜Š 

Seleksi

       adalah suatu usaha pertama yang dilakukan oleh perusahaan untuk memperoleh karyawan untuk mengerjakan semua pekerjaan pada perusahaan.

 Apa yang Menyebapkan Seleksi itu Penting ?
  •  Karena prestasi perusahaan sebagian selalu bergantung pada bawahannya.
  •  Biaya merekrut untuk mempekerjakan seorang karyawan itu mahal.
  • seleksi adalah sesuatu hal yang penting sebab jika perusahaan mempekerjakan orang yang tidak kompeten akan sangat berbahaya bagi perusahaan itu sendiri.

Ada bebrapa faktor lingkungan yang mempengaruhi proses seleksi

1.                  Pertimbangan hukum yangberlaku
2.                  Waktu yang dimiliki oleh perusahaan untuk mengambil keputusan (pendek dan panjang waktu tergantung seberapa besar perusahaan )
3.                  Hirarki organisasi.
4.                  Tipe organisasi : pemerintah, swasta,  LSM.
5.                  Jumlah, komposisi, dan ketersediaan tenaga kerja.

Wawancara


          
Wawancara merupakan percakapan antara dua orang atau lebih dan berlangsung antara narasumber dan pewawancara. apasih tujuan wawancara? Tujuannya adalah untuk mendapatkan informasi yang tepat atau akurat dari narasumber yang terpercaya.

Keuntungan teknik wawancara

  • Memungkinkan untuk mengajukan banyak pertanyaan yang memerlukan waktu yang panjang.
  • Memungkinkan bagi pewawancara untuk memahami kompleksitas masalah dan menjelaskan maksud penelitian kepada responden.
  • Partisipasi responden lebih tinggi dibandingkan teknik kuesioner.

Kekurangan Wawancara
  1. Memerlukan waktu, tenaga, dan biaya yang lebih besar
  2. Sangat tergantung pada individu yang akan diwawancarai
  3. Situasi wawancara mudah dipengaruhi lingkungan sekitar
  4. Kurang valid sebagai sarana untuk memprediksi kinerja.
  5. Kurang andal dalam arti mengukur hal yang sama untuk calon yang berbeda. 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Berbagi informasi DBD

SDM,HRM dan HRC

Job Analysis -PERT 8